KAI Daop 7 Madiun Layani 340 Ribu Penumpang Nataru 2024/2025

MADIUN – SADAP99.ID
PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 7 Madiun mencatat telah melayani 342.270 penumpang selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025, dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
Kepala PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, Suharjono, menyampaikan bahwa pelanggan yang naik dari stasiun-stasiun wilayah Daop 7 Madiun sebanyak 168.496 penumpang atau rata-rata 8.144 penumpang per hari. Jumlah tersebut meningkat 15% dibanding periode Nataru 2023/2024 yang melayani 146.607 penumpang.
“Kami bangga dapat melayani jumlah penumpang sebanyak ini dengan tingkat ketepatan waktu yang sangat tinggi. Ini berkat kerja keras tim kami dan dukungan dari seluruh stakeholders,” ujar Suharjono.
Untuk mengantisipasi kenaikan ini, KAI Daop 7 Madiun menyiapkan 61.082 tempat duduk di 4 kereta api reguler dan 1 kereta api tambahan, serta 29.214 tempat duduk pada kereta api BIAS.
Suharjono juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan dan pihak yang terlibat dalam posko Nataru 2024/2025, termasuk Pemerintah Daerah, TNI-Polri, Pramuka, Basarnas, Railfans, dan jajaran eksternal.
Pada masa Nataru ini, KAI mendapati 12 barang tertinggal dengan nilai Rp26.800.000. KAI Daop 7 Madiun telah menyediakan layanan lost and found serta pelayanan kesehatan yang siap memberikan bantuan kepada semua pelanggan.
KAI Daop 7 Madiun juga mencatat 41 pelanggan yang mengalami sakit saat di perjalanan atau di stasiun telah ditangani.
“Pencapaian positif ini juga terdapat di sisi ketepatan waktu atau On Time Performance keberangkatan sebesar 99,16% dan kedatangan 95,58%. Ini menjadi pertimbangan utama masyarakat memilih kereta api,” kata Suharjono.
Puncak kedatangan di Stasiun Wilayah Daop 7 Madiun terjadi pada 24 Desember 2024 dengan 12.232 penumpang, sedangkan puncak keberangkatan pada 29 Desember 2024 dengan 11.052 penumpang. Stasiun terpadat adalah Stasiun Madiun, Blitar, Kediri, Jombang, Tulungagung, dan Kertosono.
KAI Daop 7 Madiun berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan demi kepuasan dan kenyamanan pelanggan serta memperkuat kerjasama dengan pihak terkait untuk menciptakan perjalanan yang aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa kereta api.
Pewarta: Edy