Beranda » KAI Hadirkan Fitur “Female Seat Map,” di Daop 7 Madiun

KAI Hadirkan Fitur “Female Seat Map,” di Daop 7 Madiun

PSX_20250328_204015
Bagikan Berita

MADIUN – SADAP99.ID

PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus berinovasi untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang, kali ini dengan menghadirkan fitur terbaru di aplikasi Access by KAI yang didedikasikan untuk penumpang perempuan.

“Kehadiran fitur ini merupakan upaya KAI dalam memperhatikan kebutuhan pelanggan perempuan sehingga mereka dapat merasa lebih nyaman selama dalam perjalanan,” jelas Rokhmad Makin Zainul, Manager Humas Daop 7 Madiun, dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (28/3/2025).

Fitur Female Seat Map dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman penumpang perempuan. Dengan lebih dari 7,6 juta unduhan dan 7,3 juta pengguna aktif aplikasi Access by KAI pada 2024, KAI berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.

Fitur ini dirancang khusus untuk member aplikasi yang memesan tiket untuk penumpang perempuan, dan berlaku di seluruh KA antarkota.

Jika dalam satu pemesanan terdapat penumpang laki-laki, fitur ini tidak akan tersedia. KAI juga memastikan bahwa perlindungan data pribadi pelanggan tetap sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Selain melalui aplikasi, pelanggan yang membeli tiket di loket stasiun juga dapat meminta bantuan petugas untuk memilih tempat duduk bersebelahan dengan sesama perempuan.

“Inovasi ini mencerminkan komitmen KAI dalam meningkatkan kualitas layanan dan memberikan rasa aman bagi pelanggan perempuan,” tambah Zainul.

Sementara itu, pada H-3 menjelang Lebaran 2025/1446 H, Jumat (28/3/2025) menjadi puncak arus mudik di wilayah Daop 7 Madiun. Daop 7 mencatat kedatangan 12.400 penumpang, dengan 6.050 penumpang diberangkatkan.

Akumulasi selama delapan hari masa angkutan Lebaran (21-28 Maret 2025) menunjukkan bahwa Daop 7 telah memberangkatkan 48.000 penumpang, sementara total penumpang yang tiba di 13 stasiun Daop 7 mencapai 87.650 pelanggan.

“KAI berharap inovasi ini dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih aman, nyaman, dan menyenangkan bagi pelanggan. Fitur ini juga mencerminkan komitmen KAI untuk terus menghadirkan layanan berbasis teknologi yang meningkatkan kualitas perjalanan. Kami akan memantau pelaksanaan fitur ini dan mengumpulkan masukan pelanggan untuk penyempurnaan layanan ke depan,” pungkas Zainul.

Pewarta : Edy