Beranda » Stasiun Kebasen Kembali Hidup, Dorong Mobilitas dan Ekonomi Lokal

Stasiun Kebasen Kembali Hidup, Dorong Mobilitas dan Ekonomi Lokal

PSX_20250617_133306
Bagikan Berita

PURWOKERTO – SADAP99.ID


1.592 Penumpang Naik dan 1.634 Penumpang Turun Selama Tahun 2025

Sejak kembali dioperasikan pada 23 Desember 2024, Stasiun Kebasen di wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto telah menunjukkan kontribusi positif dalam meningkatkan mobilitas masyarakat dan pertumbuhan ekonomi lokal. Data hingga 10 Juni 2025 mencatat sebanyak 1.592 penumpang naik dan 1.634 penumpang turun di stasiun ini.

Angka tersebut mencerminkan antusiasme masyarakat terhadap kehadiran kembali layanan kereta api di Kebasen dan sekitarnya. Berikut rincian penumpang per bulan:

Penumpang Naik:

  • Januari: 122
  • Februari: 270
  • Maret: 242
  • April: 369
  • Mei: 265
  • Juni (hingga 10 Juni): 324

Penumpang Turun:

  • Januari: 128
  • Februari: 198
  • Maret: 371
  • April: 325
  • Mei: 272
  • Juni (hingga 10 Juni): 340

“Stasiun Kebasen menjadi bukti nyata bahwa transportasi kereta api mampu mendorong aktivitas ekonomi lokal. Kami mencatat pertumbuhan mobilitas yang stabil, dan ini adalah sinyal positif bagi pentingnya stasiun ini bagi warga sekitar,” ujar Krisbiyantoro, Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto.

Saat ini, Stasiun Kebasen melayani dua layanan kereta api:

  1. KA Bengawan (Purwosari – Pasar Senen)
  2. KA Serayu (Purwokerto – Kiaracondong – Pasar Senen)

Kedua layanan ini menjadi pilihan favorit masyarakat karena terjangkau dan terhubung dengan pusat-pusat ekonomi di Pulau Jawa.

Keberadaan Stasiun Kebasen tidak hanya memudahkan transportasi, tetapi juga berdampak positif pada pelaku usaha mikro seperti pedagang, ojek lokal, dan UMKM.

“KAI berkomitmen memperkuat pelayanan berbasis masyarakat. Kami harap stasiun ini terus berkembang dan memberi manfaat lebih luas,” pungkas Krisbiyantoro. (Edy)