Hari Terakhir Libur Panjang, Daop 5 Layani 16.849 Penumpang

PURWOKERTO – sadap99.id
Memasuki hari terakhir libur panjang Tahun Baru Islam, volume penumpang kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto masih tinggi. Hingga Minggu, 29 Juni 2025 pukul 12.00 WIB, tercatat 16.849 penumpang naik dan 16.733 penumpang turun di berbagai stasiun di wilayah Daop 5.
Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro, menyatakan bahwa angka tersebut tergolong tinggi. “Kami memperkirakan jumlah ini akan terus bertambah hingga pukul 00.00 WIB karena masih ada beberapa perjalanan kereta api yang dijadwalkan pada malam hari,” jelasnya.
Berdasarkan data pemantauan per stasiun, Stasiun Purwokerto mencatat jumlah penumpang tertinggi hari ini dengan total 6.484 penumpang naik dan 6.511 penumpang turun. Posisi kedua ditempati Stasiun Kutoarjo dengan 2.384 penumpang naik dan 2.447 penumpang turun, disusul Stasiun Kroya dengan 1.963 penumpang naik dan 1.965 penumpang turun.
Tingginya permintaan juga tercermin dari okupansi kereta api. Hingga siang ini, 15.161 tiket telah terjual dengan okupansi mencapai 146%. Sisa kursi untuk keberangkatan hari ini hanya tersedia 26.
Untuk keberangkatan besok, Senin, 30 Juni 2025, okupansi masih tinggi. Dari kapasitas 9.820 kursi, sebanyak 11.039 tiket telah terjual (okupansi 112%), dengan sisa 894 kursi yang masih bisa dipesan.
Secara akumulatif sejak 26 hingga 29 Juni 2025, KAI Daop 5 Purwokerto telah melayani 67.139 penumpang naik dan 68.002 penumpang turun, mencerminkan tingginya mobilitas masyarakat selama libur panjang.
Meski sebagian besar perjalanan telah penuh, masyarakat masih bisa mendapatkan tiket untuk beberapa rute keberangkatan 30 Juni 2025, seperti:
- KA Kertanegara (Purwokerto–Malang)
- KA Joglosemarkerto (Purwokerto–Solo dan Cilacap–Yogyakarta)
- KA Sancaka Utara (Cilacap–Surabaya Pasarturi)
“Kami mengimbau masyarakat yang belum mendapatkan tiket agar segera memesan melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi kai.id, atau kanal penjualan resmi lainnya,” tambah Krisbiyantoro. “Kami pastikan seluruh perjalanan berlangsung aman, nyaman, dan tepat waktu.” (Edy)