KAI Daop 7 Madiun Apresiasi Kesetiaan Pelanggan

Catat Kenaikan 11% Jumlah Penumpang di Semester I 2025, KAI Daop 7 Madiun Apresiasi Kesetiaan Pelanggan
MADIUN – sadap99.id
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun menyampaikan apresiasi atas kepercayaan masyarakat, khususnya pelanggan setia, yang menjadikan kereta api sebagai pilihan utama transportasi. Data menunjukkan peningkatan jumlah penumpang sebesar 11% pada Semester I 2025 dibandingkan periode sama tahun 2024.
Selama periode 1 Januari hingga 30 Juni 2025, tercatat 1.266.127 penumpang berangkat dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 7 Madiun. Angka ini melampaui capaian tahun 2024 yang sebesar 1.141.795 penumpang.
“Terjadi kenaikan 124.332 penumpang atau 11% pada Semester I 2025,” jelas Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, Minggu (6/7/2025) melalui rilis resmi. “Pencapaian ini membuktikan kereta api tetap menjadi moda transportasi andalan masyarakat yang mengutamakan keselamatan, keamanan, dan ketepatan waktu.”
Peningkatan ini sejalan dengan berbagai inovasi layanan KAI Daop 7 Madiun, termasuk penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 per 1 Februari 2025 yang memangkas waktu tempuh. Efisiensi ini memungkinkan penumpang mengalokasikan waktu lebih produktif.
Beberapa terobosan lain meliputi:
- Digitalisasi Layanan: Penerapan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Madiun untuk proses naik kereta tanpa menunjukkan tiket fisik.
- Peningkatan Fasilitas Stasiun: Penyediaan water station untuk mengurangi sampah botol plastik, mendukung program keberlanjutan lingkungan.
- Optimalisasi Standar Pelayanan Minimum (SPM) berbasis digital dan penataan area stasiun.
“Berbagai inovasi ini merupakan wujud komitmen kami dalam memberikan service excellent guna meningkatkan minat masyarakat terhadap transportasi massal yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” tegas Zainul. (Edy)