Beranda » Libur Sekolah Usai, Daop 5 Layani Ratusan Ribu Penumpang – Lonjakan Capai 52 Persen

Libur Sekolah Usai, Daop 5 Layani Ratusan Ribu Penumpang – Lonjakan Capai 52 Persen

PSX_20250714_171111
Bagikan Berita

PURWOKERTO – SADAP99.ID
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto mencatat lonjakan signifikan jumlah penumpang selama masa libur sekolah yang berlangsung dari 23 Juni hingga 13 Juli 2025. Pada hari terakhir liburan, Minggu (13/7/2025), tercatat 17.729 penumpang naik dan 17.432 penumpang turun di seluruh stasiun wilayah Daop 5.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro, mengungkapkan bahwa selama periode liburan, Daop 5 melayani total 341.271 penumpang naik dan 338.113 penumpang turun. Rata-rata harian penumpang naik mencapai 16.251 orang, meningkat 52% dibandingkan rata-rata harian bulan Mei 2025 yang sebesar 10.969 penumpang per hari.

“Antusiasme masyarakat menggunakan kereta api sangat tinggi selama liburan ini. Kami bersyukur perjalanan berjalan lancar, aman, dan tepat waktu,” ujar Krisbiyantoro, Senin (14/7/2025).

Stasiun dengan Jumlah Penumpang Tertinggi
Stasiun Purwokerto menjadi yang tersibuk dengan 130.669 penumpang naik, diikuti Stasiun Kutoarjo (45.215 penumpang), dan Stasiun Kroya (39.391 penumpang).

Krisbiyantoro menambahkan, peningkatan penggunaan kereta api mencerminkan kepercayaan masyarakat sekaligus kesadaran akan efisiensi energi dan transportasi berkelanjutan.

“Kereta api adalah moda transportasi massal yang ramah lingkungan dan efisien. Satu rangkaian kereta dapat mengangkut ribuan penumpang dengan konsumsi bahan bakar dan emisi karbon lebih rendah dibanding kendaraan pribadi. Ini sejalan dengan komitmen KAI mendukung transportasi berkelanjutan,” jelasnya.

Komitmen Pelayanan Terbaik
PT KAI Daop 5 Purwokerto terus berupaya meningkatkan kualitas layanan, antara lain dengan menempatkan personel tambahan di stasiun ramai dan mengoptimalkan operasional selama masa liburan.

p“Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat yang memilih kereta api. Evaluasi dan peningkatan layanan akan terus kami lakukan untuk menyambut masa ramai berikutnya,” tutup Krisbiyantoro.

(Edy)