Jelang Hari Raya Idul Adha, KAI Daop 7 Madiun Catat Kenaikan Kedatangan Penumpang 39 Persen

MADIUN – SADAR 99 ID
Menjelang libur long weekend Hari Raya Idul Adha 1446 H, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun mencatat lonjakan jumlah penumpang yang tiba.
Berdasarkan data per Kamis (5/6/2025) pukul 14.30 WIB, jumlah penumpang yang tiba mencapai 11.301 orang, meningkat 39% dibandingkan libur long weekend peringatan Kenaikan Yesus Kristus sebelumnya yang sebanyak 8.142 penumpang. Angka kedatangan ini masih bersifat dinamis hingga tengah malam nanti.
“PT KAI Daop 7 Madiun berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan yang ingin merayakan Idul Adha bersama keluarga di kampung halaman. Seluruh sarana dan prasarana telah disiapkan secara optimal untuk memastikan perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujar Manajer Humas Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, Kamis (5/6/2025).
Zainul menambahkan, Daop 7 Madiun memaksimalkan operasional seluruh kereta api reguler dan menambah formasi kereta selama periode libur panjang Idul Adha. Berikut rincian penambahan formasi kereta:
- KA Singasari (KA 149)
- Rute: Stasiun Blitar (berangkat pukul 16.40 WIB) menuju Pasar Senen.
- Penambahan: Satu kereta kelas ekonomi premium (80 tempat duduk/TD) pada keberangkatan tanggal 3, 6, dan 9 Juni 2025.
- Komposisi sebelumnya: 4 kereta eksekutif + 5 kereta ekonomi premium.
- Komposisi baru: 4 kereta eksekutif + 6 kereta ekonomi premium.
- KA Bangunkarta (KA 161)
- Rute: Stasiun Jombang (berangkat pukul 06.55 WIB) menuju Pasar Senen.
- Penambahan: Satu kereta kelas ekonomi premium (80 TD) pada keberangkatan tanggal 2, 5, 8, dan 11 Juni 2025.
- Komposisi sebelumnya: 4 kereta eksekutif + 5 kereta ekonomi premium.
- Komposisi baru: 4 kereta eksekutif + 6 kereta ekonomi premium.
“Penambahan formasi kereta ini bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang bepergian selama libur Idul Adha,” jelas Zainul.
Zainul juga mengimbau pelanggan untuk memesan tiket lebih awal melalui aplikasi Access by KAI, situs booking.kai.id, atau kanal penjualan resmi lainnya. Jika tiket tidak tersedia, pelanggan dapat memanfaatkan fitur connecting train.
Selain itu, ia menyarankan agar penumpang datang lebih awal ke stasiun untuk menghindari ketergesaan dan memastikan perjalanan lancar.
“Kami senantiasa mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan pelayanan prima bagi seluruh pelanggan. Mari rayakan Idul Adha dengan kereta api sebagai transportasi berkesan bersama orang tercinta,” tutup Zainul.
(Edy)