KAI Memohon Maaf Keterlambatan KA Akibat Longsor di Daop 5 Purwokerto
MADIUN, SADAP99.ID
PT KAI Daop 7 Madiun memohon maaf atas gangguan perjalan kereta api yang disebabkan oleh longsor akibat curah hujan yang tinggi di lintas Karanggandul – Karangsari Jawa Tengah di Daop 5 Purwokerto, yang terjadi pada Hari Senin (4/12) dini hari pukul 00.58 WIB.
“Kami atas nama manajemen PT KAI mengucapkan permohonan maaf kepada pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat longsor yang menutupi jalur hulu dan hilir di lintas Karanggandul – Karangsari, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Daop 5 Purwokerto,” Ujar Plh. Manager Humas Daop 7 Madiun, Imanuel Setya Budi Harwanto.
kejadian pada Senin (4/12) pukul 00.58 WIB, jalur hilir terdampak tebing longsor karena curah hujan tinggi, Tim Gabungan KAI Daop 5 Purwokerto langsung melakukan penanganan dan jalur hulu tetap dapat dilalui sehingga perjalanan KA dialihkan menjadi 1 jalur melalui hulu dan KA tetap berjalan.
Kemudian, pukul 04.27 WIB, petugas lapangan KAI melaporkan bahwa kembali terjadi longsoran sehingga dua jalur yakni hilir dan hulu terdampak longsoran dan untuk sementara waktu belum dapat dilalui. Demi keselamatan dan penanganan jalur hilir dan hulu yang terdampak maka perjalanan kereta dialihkan memutar lintas utara.
Hal ini menyebabkan dua kereta api yang melintas di Wilayah Daop 7 yakni KA 116 Ranggajati Cirebon – Jember dan KA 18 Argo Semeru relasi Gambir – Surabaya Gubeng, harus memutar perjalanannya menuju utara, yakni Cirebon – Semarang – Solo – Madiun akibat jalur yang terdampak longsor belum bisa dilalui.
Setya menambahkan, KAI saat ini tengah melakukan upaya pemulihan perjalanan kereta api di wilayah tersebut. Penanganan terus dilakukan baik dari sisi pengaturan operasional KA maupun prasarana jalur KA.
“Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA. Semoga cuaca segera membaik dan longsor segera teratasi agar jalur kereta api yang terdampak kembali normal serta perjalanan kereta api dapat beroperasi dengan lancar. Namun demikian untuk sampai saat ini wilayah Daop 7 secara umum dalam kondisi aman lancar dan terkendali,” pungkasnya.
untuk menginformasikan terkait kondisi terbaru terkait perjalanan .KA nya Info selengkapnya terkait perjalanan KA, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.
Plh. Manager Humas Daop 7 Madiun.
Imanuel Setya Budi Harwanto . Sumber humas ( Edy )